Bantu Percepat Evakuasi Korban, Disdamkar Kab. Bandung Turunkan Personil Rescue

Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter telah memporak porandakan sebagian besar wilayah Kabupaten Cianjur. Akibat kejadian tersebut banyak korban yang terjebak di dalam bangunan runtuh bahkan masih dinyatakan hilang. Sulitnya akses menuju lokasi serta kekurangan personil menjadi kendala saat melaksanakan evakuasi.

Melihat kondisi tersebut, Disdamkar Kabupaten Bandung menurunkan satu regu rescue menuju lokasi gempa bumi Cianjur. Personil diberangkatkan pada pukul 19.15 WIB dari Mako Disdamkar Kabupaten Bandung selepas apel pemberangkatan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung dan tiba di lokasi pukul 20.20 WIB dan langsung bergabung dengan Tim SAR Gabungan di Kantor Damkar Kabupaten Cianjur.

 

Selesai melaksanakan briefing dan koordinasi, Tim Rescue meluncur ke lokasi pertama di Kp. Kadungdampit RT 1 RW 09 Desa Rancagoong Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Keesokan harinya, tim bergeser ke Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang dan  dilanjut ke Kp. Gintung Desa Mangunkerta Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Korban berhasil dievakuasi dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menyampaikan turut berduka cita terhadap musibah yang telah terjadi di Kabupaten Cianjur. Beliau berharap, dengan diluncurkannya Tim Rescue ke lokasi dapat membantu mempercepat proses evakuasi selama masa tanggap darurat bencana. Dalam apel pemberangkatan disampaikan agar selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas serta selalu berdoa sebelum melaksanakan kegiatan. (-mhn)