Disdamkar Kabupaten Bandung Bantu Warga Lepas Cincin Yang Susah Dilepas

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menerima kedatangan masyarakat ke Mako Soreang yang memerlukan pertolongan untuk melepaskan cincin ditangannya yang susah dilepas dan membengkak,Jumat(14/07/2023).

Kadisdamkar Kabupaten Bandung Drs. Hilman Kadar M.Si mengatakan bahwa warga yang datang ke Mako soreang meminta bantuan untuk melepaskan cincin ditangannya,warga tersebut bernama Rasyifa Nur Azkia asal dari warga Kampung Sindangmulya Desa Cukanggenteng,Kecamatan Pasir Jambu.

"Yang Pasir jambu langsung ke lokasi kami,mungkin mereka tahu dari teman-temannya dan informasi berita.Soalnya kita kerap melakukan sosialisasi jika ada apa-apa tinggal di contact person kami"Ujar Kadisdamkar Kabupaten Bandung.

Kadisdamkar menyebutkan pihaknya melihat kondisi tangan warga tersebut "kesulitan untuk melepas cincin ditangannya dan mengalami pembengkakan sehingga harus diberikan tindakan.

"Iya jari ditangannya sudah bengkak,jadi sudah tidak bisa dibuka,kalau dengan peralatan apapun tidak bisa dibuka,harus dipotong"Tambahnya

Kadisdamkar mengungkapkan bahwa beberapa petugas tidak memerlukan waktu yang lama untuk memotong cincin tersebut,dikarenakan pemotongan cicin menggunakan mini grinder.

"Pengerjaan dari mulai pelaporan kurang lebih 20 menitan"Jelasnya

Menuturutnya saat petugas melakukan pemotongan dengan cara berhati-hati,hal tersebut dilakukan supaya tidak melukai orang tersebut.

"Petugas juga melakukan pemotongan dengan berhati-hati supaya tidak melukai orang tersebut,sebelum melakukan pemotongan kita juga ada sesi cek kesehatan,kita juga pakai alat medis seperti alkohol dan sebagainya"Ucapnya

"setelah kami lepaskan cincin ditangan warga tersebut,kita obati dengan betadine dan segala macem.Kesehatannya juga kami jaga"tambahnya.

Dia juga menambahkan bahwa evakuasi pelepasan cincin yang susah dilepaskan kerap dilakukan.Bahkan kata dia,puluhan orang telah dilakukan pelepasan cincin pada tahun ini.

"Laporan dicatatan kami,rescue cincin itu dimulai dari januari hingga juni itu ada sekitar 47 kali kejadian,dari total 630 kejadian rescue,ada kejadian animal rescue vertical rescue ,korban bunuh diri,cincin,ular dan lain-lain"Pungkasnya

 

Rasyifa Nur Azkia

Baca article detikjabar, "Ayu Bawa Jari Bengkak gegara Cincin ke Disdamkar Bandung" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6823002/ayu-bawa-jari-bengkak-gegara-cincin-ke-disdamkar-bandung.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Bandung membantu melepaskan cincin warga Kampung Sindangmulya, Desa Cukanggenteng, Kecamatan Pasirjambu. Cincin tersebut sulit dilepas, sehingga harus dibantu beberapa petugas

Kadisdamkar Kabupaten Bandung, Hilman Kadar mengatakan warga tersebut bernama Rasyifa Nur Azkia. Dia datang secara langsung meminta bantuan ke Mako Soreang.

"Yang Pasirjambu memang langsung datang ke lokasi kami. Mungkin mereka tahu dari temen-temannya dan informasi berita. Soalnya kita kerap melakukan sosialisasi jika ada apa-apa kita ada contact person kami," ujar Hilman, kepada detikJabar, Jumat (14/7/2023).

Baca article detikjabar, "Ayu Bawa Jari Bengkak gegara Cincin ke Disdamkar Bandung" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6823002/ayu-bawa-jari-bengkak-gegara-cincin-ke-disdamkar-bandung.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/