Gudang Rongsok di Kecamatan Cangkuang Ludes Terbakar, Dugaan Api Berasal dari Pembakaran Sampah

Sebuah kebakaran gudang rongsok terjadi di Kampung Nagrak RT 02 RW 03, Desa Nagrak, Kecamatan Cangkuang. Informasi awal ini diterima oleh Command Center Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung sekitar pukul 12.35 WIB via Whatsapp Call Center 085-163-589113 dari seorang pelapor bernama Sella.


Sebanyak 2 unit pancar dan 1 unit rescue diluncurkan segera ke TKP dengan jumlah personil 12 orang. Setiba di TKP, kondisi api sudah di atas dan membakar hampir seluruh area gudang. Tim segera melokalisir area yang terbakar agar tidak merambat ke area sekitarnya. Dibutuhkan waktu total 86 menit sampai api akhirnya berhasil dijinakkan dan seluruh proses pemadaman dinyatakan selesai.


Menurut saksi di lokasi, api pertama berasal dari pembakaran sampah di dekat gudang rongsok dan merembet hingga membakar seluruh isi gudang. Beruntung bangunan di sekitar gudang berhasil diselamatkan dengan taksiran aset Rp 70.000.000,-. Sementara menurut pemilik gudang, taksiran aset yang terbakar sekitar Rp 15.000.000,-. Tidak ada korban jiwa maupun luka pada kebakaran itu.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan selalu mengimbau kepada warga yang melakukan pembakaran sampah secara mandiri, agar selalu berhati-hati, mengawasi, dan memastikan apa yang dibakar telah padam sepenuhnya. Sehingga hal-hal seperti itu (kebakaran) tidak terjadi lagi.