Kebakaran Gudang Triplek, Disdamkar Kabupaten Bandung luncurkan Bantuan

Sebuah gudang triplek terbakar di Jl. Soekarno Hatta No 505 Kelurahan Cijagra Kecamatan Lengkong Kota Bandung pada hari Senin, 24 Oktober 2022 pukul 20.35 WIB. Api yang semakin meluas menyulitkan petugas dalam melakukan operasi pemadaman. Melihat situasi yang dikhawatirkan semakin meluas, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menurunkan 3 unit damkar untuk membantu operasi Pemadaman dan Penyelamatan yang dilakukan oleh Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.

Selama kurang lebih 13 jam operasi pemadaman dilakukan agar tidak meluas dan merembet ke bangunan lainnya. Turut bergabung dari Damkar Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat untuk mempercepat proses pemadaman api. Total keseluruhan jumlah unit yang diluncurkan mencapai 21 unit damkar.

Kendala yang menghambat proses pemadaman yakni akses sumber air yang cukup jauh sehingga suplai air beberapa kali tersendat. Tempat kejadian yang berada di Jalur utama ini membuat Aparat Keamanan Gabungan harus menutup jalan dan dilakukan pengalihan arus untuk memperlancar akses keluar masuk unit pemadam kebakaran. Selain itu, ambruknya sebagian bangunan menjadi kendala saat memasuki area yang terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang diakibatkan oleh kejadian ini mencapai dua milyar rupiah serta menghanguskan bangunan seluas 2000 meter persegi.