Kebakaran PT. Tianlun, 8 Unit Dikerahkan Untuk Memadamkan

Command Center Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menerima laporan kebakaran pabrik PT. Tianlun yang beralamat di Jl. Nanjung, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih pada Minggu (12/05/2024) pukul 12.58 WIB. 

Respon pertama sebanyak 3 unit diterjunkan dari Mako Soreang dan perbantuan 2 unit dari Damkar Kota Cimahi. Tim rescue harus membuka akses jalan dengan menjebol tembok pabrik.

"Rescue sedang membuka akses untuk ventilasi dan akses masuk. Di dalam api besar, tidak bisa masuk dari pintu utama," ujar Sandy, anggota Command Center saat dimintai keterangan.


Pekatnya asap membuat petugas sesak meskipun telah menggunakan SCBA (Self Contained Breathing Aparatus). Tim medis segera memberikan penanganan bagi para petugas.

Perbantuan berikutnya didatangkan dari Pos Sektor Baleendah dengan kekuatan 4 personil dan 2 unit dari Diskar PB Kota Bandung.


Material di dalam pabrik yang terbakar adalah kapas, sehingga membuat asap pekat dan perambatan api lebih cepat. Hingga berita ini diturunkan, para petugas masih berjibaku melakukan pemadaman dengan durasi mencapai 4 jam.