Kebakaran Rumah dan Kandang Domba di Desa Mekarlaksana, 20 Ekor Domba Berhasil Diselamatkan

"Izin, sektor Ciparay meluncur TK65 Kp. Cisalak RT 01 RW 08, Mekarlaksana. Objek sementara rumah tinggal," lapor Wibby--operator unit pemadam Pos Sektor Ciparay--melalui Whatsapp Grup koordinasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung sekitar pukul 19.48 WIB pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Command Center bergegas memasukan laporan tersebut pada aplikasi APAR (Aplikasi Pengendali Kebakaran dan Kedaruratan-red) dan memerintahkan agar 2 unit dengan 3 regu yang meluncur: 1 unit pancar Pos Sektor Ciparay yang membawa regu pemadam dan rescue; 1 unit pancar Pos Sektor Majalaya. Total 12 personil diterjunkan untuk melaksanakan operasi penanggulangan kebakaran tersebut. 

Petugas langsung melaksanakan proses pemadaman saat tiba di lokasi. Objek yang terbakar merupakan rumah tinggal dan kandang domba milik Bapak Dudung Sopandi. Menurut saksi, api berasal dari dalam rumah yang keseluruhannya terbuat dari material kayu dan merembet hingga ke kandang domba. Pasukan berburu dengan waktu untuk segera memadamkan dan melokalisir api agar kerugian yang ditimbulkan tidak semakin besar. 

Pukul 20.54 WIB proses memasuki tahap pendinginan. "Untuk api sudah dapat diatasi. Dilanjut pendinginan," lapor Iyan, salah satu personil Pos Sektor Majalaya dari TKP. 

Turut hadir jajaran samping dari PLN, Babinsa, Polsek, Aparat Kewilayahan, Satpol PP, Dishub, dan warga setempat yang membantu dalam proses pemadaman. Seluruh proses pemadaman dinyatakan selesai pada pukul 22.15 WIB. 

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 150.000.000,- sementara 20 ekor domba berhasil dievakuasi dengan selamat. Dugaan penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung mengimbau agar seluruh warga senantiasa berhati-hati dalam penggunaan api di dalam rumah. Simpan selalu nomor darurat pemadam kebakaran (022) 5891113 / 085163589113. Jangan ragu, jangan segan untuk segera melaporkan kejadian kebakaran saat api masih kecil agar dampak kerugian bisa diminimalisir.