REDKAR BEDAS SIAGA: Pembentukan dan Pelatihan Desa Sukapura dan Desa Cibodas

Pada Rabu, 12 Juni 2024 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung melalui Bidang Pencegahan Kebakaran kembali mengadakan pembentukan dan pelatihan REDKAR BEDAS SIAGA. Sebanyak 30 orang relawan dari dua desa terlibat dalam kegiatan ini.

"Hari ini ada dua desa. Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu dan Desa Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot. Masing-masing desa mengirimkan 15 orang relawan. Tadi dibuka langsung oleh Pak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat," ucap H. Iman Irianto, S.Sos., M.A.P dalam keterangannya selepas memberikan arahan kepada pada Relawan.

Pelatihan akan berlangsung selama 2 hari sampai tanggal 13 Juni 2024. Para relawan diberikan pembekalan materi terkait dasar-dasar ilmu pemadaman. Berikutnya mereka diberi pelatihan dasar pemadaman dengan alat pemadam api sederhan. Selain pemadaman sederhana, para relawan juga diberi pelatihan dasar pemadaman dengan menggunakan sarana dan prasarana pasukan pemadam, yaitu menggunakan APD, fire hose, noozle.

Para relawan juga akan diberikan pelatihan untuk melaksanakan evakuasi dan penyelamatan. Kegiatan evakuasi dan penyelamatan dengan frekuensi tertinggi adalah evakuasi sarang tawon dan evakuasi ular. Dua jenis evakuasi tersebut menjadi fokus materi pelatihan yang diberikan bagi para relawan.

Kehadiran REDKAR diharapkan dapat menjadi katalis dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, yaitu pemenuhan SPM (Standar Pelayanan Minimal) berupa capaian response time 15 menit.