Seorang Lansia Kelelahan Nyaris Pingsan Saat Sedang Membetulkan Genting Rumah Yang Bocor. Tim Rescue Disdamkar Kabupaten Bandung Berhasil Lakukan Evakuasi Dengan Dramatis

Di tengah gempuran laporan kebakaran yang masuk melalui Command Center Disdamkar Kabupaten Bandung pada Sabtu (14/09/2024), satu laporan permintaan evakuasi dan penyelamatan datang dari warga di Jl. Raya Percobaan, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi.

“Pos Sektor Cileunyi dan Rescue Pos Sektor Cicalengka meluncur evakuasi orang terjebak di atap rumah,” lapor Ikhwan, anggota tim Rescue Pos Sektor Cicalengka setelah mendapat informasi dari Command Center.

Menurut keterangan menantu, korban yang diketahui seorang laki-laki berinisial T (76 tahun) naik ke atap lantai 2 rumahnya untuk membetulkan genting yang bocor sejak pagi. HIngga sore, sang menantu mencari keberadaan ayahnya di rumah dan tidak menemukannya. Saat mengecek ke atap, rupanya korban telah terkapar lemas di atap lantai 2 karena kelelahan dan tidak bisa turun.

Personil Disdamkar dikerahkan sebanyak 8 orang untuk melaksanakan evakuasi. Proses evakuasi berlangsung dramatis dan memakan waktu hampir 2 jam.

“Tadi kami cek kondisi korban, alhamdulillah masih sadar, tapi memang lemas, tidak bisa bangun sama sekali. Lalu kami setting peralatan untuk penyelamatan vertical rescue. Alhamdulillah korban berhasil diturunkan dan langsung dibawa ke RS AMC untuk penanganan medis lebih lanjut,” tutur Ikhwan dalam laporannya.

Informasi lanjutan yang Disdamkar terima, korban sudah siuman dan masih pada tahap pemulihan fisik juga trauma pasca kejadian.