Upaya Pertama Dalam Menangani Kebocoran Gas,Berikut Langkah-Langkah Menanganinya

Dalam menggunakan kompor LPG kita kerap dilanda kecemasan apabila mengalami kebocoran gas dan bingung cara menangani kebocoran gas tersebut
Pasalnya kompor gas LPG yang bocor bisa menjadi sangat berbahaya bila tidak segera ditangani yakni dapat meledak.

Tak ayal kerap kali ketika tercium bau gas atau terdengar suara mendesis kita menjadi parno, dan berpikir bahwa gas bocor akan meledak akan tetapi tabung gas LPG terbuat dari besi tebal yang kuat untuk membungkam gas LPG.

Jikalau ada tanda-tanda gas bocor semakin menguat yakni salah satunya ditandai dengan munculnya sumber api. Nah berikut cara menangani kompor gas apabila mengalami kebocoran (mengeluarkan api) secara tradisional dan dapat dilakukan secara mandiri.

1. Jangan panik

Apabila kita mendapati kompor gas bocor dan mengeluarkan api, langkah yang pertama dan utama ialah jangan panik terlebih dahulu. Karena jika terlanjur panik, maka kita kerap menjadi gagap dan nge-blank hendak melakukan apa. Maka usahakan diri agar tetap tenang sehingga mampu berpikir jernih dan mengambil tindakan yang lebih efektif.

2. Segera lepas regulator dari tabung

3. Tutup sumber api
a. Pastikan ketika hendak menutup sumber api gunakan kain yang sudah dibasahi terlebih dahulu
b. Pegang dengan posisi yang benar yakni kedua tangan seperti menjepit dan kedua tangan tertutup rata oleh kain serta angkat tinggi menutupi kepala
c. Pastikan arah menutup api dan angin  sejajar dengan langkah kita agar kobaran api tidak mengenai tubuh kita
d. Pantau letak pasti sumber api dan tutup dengan cara berjalan menyamping dan kaki dalam posisi kuda-kuda agar memudahkan dalam bergerak serta posisi badan sedikit merunduk
e. Tutup sumber api dengan kain basah secara menyeluruh
f. Pastikan sumber api telah benar-benar mati yakni diantara cirinya ialah keluar asap putih

4. Buka pintu dan jendela agar gas dapat keluar (tidak berkumpul di dalam). Hal ini karena tumpukkan gas dalam ruangan rapatlah yang justru dapat berpotensi menyebabkan ledakan dan kebakaran.

Ingat apabila ada indikasi kebocoran gas  misal mencium bau gas yang begitu menyengat terlebih apabila gas berada di tempat yang tertutup jangan sekali-kali menyalakan saklar lampu karena dapat menyebabkan ledakan akibat energi panas dari listrik yang bercampur dengan gas.

Selain itu juga jangan menyiram langsung dengan air ke sumber api atau kompor karena dapat menyebabkan api menjadi semakin menyebar.