Enam Kebakaran Dalam Satu Hari, Disdamkar Kabupaten Bandung Berpacu Dengan Waktu Padamkan Semua Lokasi

Sabtu (14/09/2024) kebakaran beruntun terjadi di 6 titik lokasi berbeda yang tersebar di Kabupaten Bandung.

“Sampai tadi malam ada 6 lokasi. Objeknya ada rumah tinggal, ada semak belukar,” ucap Bima Pratama, petugas Command Center saat dimintai keterangan.


Kebakaran pertama terjadi pada pukul 10.00 WIB dengan objek rumah tinggal yang berlokasi di Kp. Cidemang RT 03/02, Desa Banjaran, Kec. Banjaran. Sebanyak 4 unit dengan kekuatan 15 personil dikerahkan untuk melaksanakan pemadaman. Api pertama berasal dari kamar di lantai 2 dan merembet ke kamar lainnya. Disdamkar berhasil melokalisir penyebaran api sehingga hanya 2 kamar yang terbakar dan sisa bangunan rumah lainnya terselamatkan.



Lokasi kebakaran kedua berada di Kp. Cikokok, Desa Cisondari, Kec. Pasirjambu pada pukul 12.48 WIB. Objek yang terbakar adalah rumah tinggal. 2 unit dari Mako Soreang dikerahkan untuk melaksanakan pemadaman. Jauhnya akses dari jalan utama, disertai jalur menanjak, membuat tim kesulitan untuk mencapai lokasi. Dugaan api berasal dari tungku pembakaran di dapur pemilik rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja taksiran aset kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.



Kebakaran ketiga terjadi di Desa Majasetra, Kec. Majalaya pada pukul 13.38 WIB yang menimpa sebuah rumah tinggal. Diduga api disebabkan karena korsleting listrik. 1 unit dari Pos Sektor Majalaya dikerahkan untuk melaksanakan pemadaman.



Dua kebakaran berikutnya adalah semak belukar. Lokasi pertama dilaporkan pada pukul 13.20 WIB di Desa Cibodas, Kecamatan Kutawaringin. Lokasi semak belukar yang terbakar bersebelahan dengan gudang penyimpangan gas LPG. Mako Soreang bergegas melokalisir penyebaran titik api agar tidak sampai ke area gudang dan permukiman warga. Lokasi berikutnya dilaporkan tengah malah pada pukul 23.45 WIB berlokasi di Desa Sukajadi, Kec. Soreang. Dua penyebab kebakaran semak belukar ini belum dapat diketahui.



Kebakaran keenam menimpa Pabrik Kapas yang berlokasi di Kp. Pandan RT 05/03, Desa Cikasungka, Kec. Cikancung. Laporan masuk sekitar pukul 14.40 WIB. Sebanyak 4 unit gabungan dari Pos Sektor Cicalengka, Majalaya, dan Cileunyi dikerahkan untuk melaksanakan proses pemadaman. Material kapas yang terbakar membuat proses pemadaman berlangsung alot. Tim harus bekerja ekstra untuk memastikan tidak ada titik api yang masih menyala di antara tumpukan material kapas. Durasi proses pemadaman memakan waktu hampir 5 jam. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Taksiran kerugian sendiri diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.