Jari Cucu Masuk Lubang Toples, Seorang Nenek Panik dan Mendatangi Disdamkar

Rabu, 3 Juli 2024 petugas Pos Sektor TKI (Margaasih) didatangi seorang nenek dengan menggendong cucunya yang sedang menangis.

"Pak, tolong ini jari cucu saya nyangkut di toples," ucap Ibu Juju, sang nenek, saat mendatangi Pos Sektor TKI. Menurut informasi sang nenek, cucunya yang bernama Alya Rahma (5 tahun) itu tiba-tiba menangis saat dirinya sedang mencuci pakaian. Rupanya jari tangan sang cucu masuk dan tersangkut di toples saat sedang bermain.


Petugas dengan sigap langsung menenangkan sang anak sambil menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan evakuasi. Tidak perlu waktu lama, 10 menit kemudian jari sang anak berhasil lepas dari toples.

"Rumah saya di belakang situ (Pos Sektor TKI). Langsung aja saya keingetannya cuma minta tolong ke damkar aja. Jadi, langsung ke sini. Sandal aja sampai lupa gak pakai," lanjut sang nenek. Rumahnya berada tidak jauh dari Pos Sektor TKI di Kampung Seke Tespong RT01/RW23 Desa Mekarrahayu, Kecamatan Margaasih.

Komandan Regu 2 Pos Sektor TKI, Suhendi, dalam keterangannya mengatakan bahwa warga sudah sering dan familiar dengan tugas-tugas Damkar.

"Korban ternyata rumahnya di belakang situ, tetangga pos kami. Karena sudah tahu tugas-tugas kami, jadi langsung ke sini sebelum jari anaknya membengkak. Jadi, lebih mudah penanganannya." 

Suhendi juga mengatakan untuk warga agar jangan segan menghubungi Damkar saat ada kejadian darurat. Suhendi juga mengimbau kepada para orang tua agar lebih memperhatikan aktivitas anak-anaknya dalam bermain, karena pada usia tersebut anak-anak senang mengeksplorasi apapun yang ada di dekatnya.