In House Training Gelombang 2, Pembinaan Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Disdamkar Kabupaten Bandung

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung menggelar In House Training gelombang 2 pada Kamis (20/06/2024). Gelombang pertama telah selesai dilaksanakan pada Jumat lalu (14/06/2024).

Kali ini peserta diikuti oleh Regu 2 anggota pemadam dan rescue yang sedang lepas. Apel pembukaan dipimpin langsung oleh Kepala Disdamkar, H. Iman Irianto, S.Sos., M.A.P.


"In House Training ini juga menjadi ajang pemanasan untuk rekan-rekan pasukan nanti yang terpilih mengikuti diklat pemadam 1 (F1) di Ciracas," ujar Kadisdamkar dalam amanatnya saat apel.

Diketahui bahwa pada tahun anggaran 2024 ini Disdamkar Kabupaten Bandung akan mengirimkan 10 orang petugas non ASN ke Ciracas untuk Diklat Pemadam 1. Tema materi pada gelombang 2 ini sama seperti yang disampaikan pada gelombang 1, yaitu mengenai dasar pemadaman, tali menali, tali temali, vertical rescue, dan smoke chamber rescue.


Kepala Bidang Penyelamatan, Supriadi menuturkan bahwa bidang yang dipimpinnya mengampu sub kegiatan pembinaan aparatur pemadam kebakaran, sehingga upaya membina dan mengembangkan kompetensi teknis menjadi sasaran utamanya sesuai arah kebijakan pimpinan. "Dasar, ya, soalnya F1 itu. Sub kegiatannya ada di bidang saya. Jadi, rekan-rekan harus secara bertahap nantinya semua minimal sudah mengikuti diklat F1. Nah, inilah awalnya, lewat In House Training ini," ucapnya saat menutup seluruh rangkaian In House Training.