Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Bersama Komunitas Edan Sepur

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung memiliki tugas bukan hanya pada saat terjadi kebakaran dan evakuasi penyelamatan. Giat sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran dini pun terus digencarkan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat Kabupaten Bandung akan bahaya api yang tidak diinginkan.

Hal tersebut sesuai dengan Panca Dharma Pemadam Kebakaran yang kesatu (Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran) dan keempat (Pemberdayaan Masyarakat).

Pada Minggu (26/05/2024) Disdamkar Kabupaten Bandung bekerja sama dengan komunitas Edan Sepur Bandung, mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Dini.

Kegiatan ini sebagai bagian dari pendidikan yang diterima oleh anggota baru dari komunitas tersebut. Komunitas Edan Sepur sendiri merupakan sebuah komunitas pecinta kereta api yang telah berdiri sejak 2009. 


Animo para anggota terlihat begitu antusias saat para instruktur menjelaskan tentang dasar-dasar ilmu pemadaman. Antusiasme makin meningkat saat mereka memulai praktek pemadaman dengan APAS (Alat Pemadam Api Sederhana) berupa karung goni atau handuk basah, dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Kegiatan dilanjutkan dengan praktek pemadaman langsung di gedung latihan tempat para pasukan pemadam berlatih. 


Melalui sosialisasi dan pelatihan tersebut, diharapkan para anggota komunitas mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dalam usaha-usaha penanggulangan kebakaran dini. Pun mereka dapat turut menyebarkan pengetahuannya tersebut kepada lingkungan sekitar.

Karena sejatinya bencana kebakaran tidak dapat diprediksi. Akan tetapi usaha pencegahan dan penanggulangan dini dapat menekan angka kerugian-- baik jiwa, maupun materi--yang ditimbulkan akibat kebakaran itu sendiri.