[UPDATE] Kondisi Kebakaran di PT. Tianlun Textile Indonesia: Petugas Masih Melaksanakan Pendinginan

Minggu (13/05/2024) kebakaran hebat menimpa PT. Tianlun Textile Indonesia di Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih pukul 13.58 WIB. Sebanyak 10 unit dari Damkar gabungan dikerahkan untuk operasi pemadaman.

"Total 10 unit dikerahkan. Ini Damkar gabungan dari Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat yang terlibat dalam operasi pemadaman," ujar Mohamad Dani, S.H., MM, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung yang menjadi Incident Commander di TKP.

Hingga Senin (14/05/2024), operasi pemadaman masih terus dilakukan.

"Sudah masuk tahap pendinginan sejak jam 3 subuh tadi. Masih ada penyalaan kembali di tengah area pabrik yang berisi tumpukan material kapas. Area itu yang sekarang sedang difokuskan untuk pendinginan. Area lain sudah clear," ucap Sandy, personil Command Center yang berada di TKP.

Belum diketahui dengan pasti dari mana sumber api berasal. "Fokus Disdamkar saat ini adalah operasi pemadaman sampai TKP dinyatakan benar-benar hijau dan aman. Untuk dugaan penyebab kebakaran, nanti, ya. Kami perlu berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang lebih berkompeten dalam melaksanakan investigasi," tegas H. Iman Irianto, S.Sos., M.A.P saat dimintai keterangan selepas memimpin apel kesiapsiagaan pasukan di Mako Disdamkar Kabupaten Bandung di Soreang.


Durasi penanganan hingga berita ini terbit sudah hampir 23 jam. Petugas gabungan masih terus berjibaku untuk mendinginkan TKP secara bergantian. Beberapa petugas terlihat kelelahan dan harus mendapatkan penanganan medis dari para relawan ambulans yang turut hadir membersamai operasi pemadaman sejak kemarin.